Iklan IDK
Iklan IDK
NewsOtomotif

Kaca Film: Faktor Tersembunyi di Balik Hematnya Konsumsi BBM Mobil

×

Kaca Film: Faktor Tersembunyi di Balik Hematnya Konsumsi BBM Mobil

Sebarkan artikel ini
Kaca Film: Faktor Tersembunyi di Balik Hematnya Konsumsi BBM Mobil
ilustrasi, penggunaan kaca film pada mobil. Foto: pixabay.com

Detak Tribe – Di tengah harga bahan bakar minyak (BBM) yang terus melambung tinggi, para pemilik mobil mencari berbagai cara untuk menghemat konsumsi BBM. Salah satu faktor yang sering diabaikan adalah peran kaca film.

Menurut Monita Cherline, Head of Promotion Advertising & PR Department PT V-KOOL Indo Lestari, bahwa penggunaan kaca film yang tepat dapat berkontribusi dalam menghemat konsumsi BBM.

“Betul, penggunaan AC mobil yang berlebih akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar, Kaca film yang baik mampu menolak panas matahari sehingga kabin mobil tidak terasa panas. Hal ini memicu penggunaan AC yang lebih hemat, dan pada akhirnya berimbas pada konsumsi BBM yang lebih irit.” ungkap Monita Cherline, seperti dilansir dari kumparan.com, pada (06/03/2024).

Bagaimana Kaca Film Mempengaruhi Konsumsi BBM?

Kaca film bekerja dengan cara menolak panas matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Semakin tinggi tingkat Tolak Panas (Total Solar Energy Rejected/TSER) kaca film, semakin banyak panas yang ditolak, dan semakin sejuk kabin mobil.

Kabin yang sejuk membuat AC tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkannya. Hal ini berarti konsumsi energi AC berkurang, dan pada akhirnya konsumsi BBM pun berkurang.

Tips Memilih Kaca Film untuk Hemat BBM

Berikut beberapa tips memilih kaca film untuk menghemat konsumsi BBM:

  • Pilih kaca film dengan tingkat TSER yang tinggi. Semakin tinggi TSER, semakin banyak panas yang ditolak.
  • Pilih kaca film dengan tingkat kegelapan yang sesuai. Kaca film yang terlalu gelap dapat mengganggu visibilitas pengemudi.
  • Pastikan kaca film dipasang oleh teknisi yang berpengalaman. Pemasangan yang tidak tepat dapat menyebabkan kaca film tidak berfungsi dengan optimal.

Kaca film bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan privasi dan estetika mobil, tetapi juga dapat membantu menghemat konsumsi BBM. Oleh karena itu, memilih kaca film yang tepat merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga efisiensi bahan bakar mobil.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news detaktribe.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *