Kuliner

5 Kuliner Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

×

5 Kuliner Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Sebarkan artikel ini
5 Kuliner Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba
ilustrasi batagor bandung. Foto: SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo

Detak Tribe – Sebelumnya, kita telah menjelajahi lima kuliner khas Jawa Timur yang dijamin menggugah selera. Sekarang kita akan menjelajahi beberapa kuliner khas Jawa Barat yang patut kamu coba ketika berkunjung ke berbagai daerah di Jawa Barat.

Jawa Barat, provinsi dengan kekayaan alam dan budaya yang melimpah, juga terkenal dengan ragam kulinernya yang lezat dan penuh cita rasa. Dari hidangan tradisional yang sudah melegenda hingga jajanan kekinian yang digemari berbagai kalangan.

5 Kuliner Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Dalam artikel ini kita akan mengajak kamu menjelajah lima hidangan khas Jawa Barat yang wajib dicoba saat berkunjung ke provinsi ini. Berikut adalah 5 hidangan khas Jawa Barat yang tidak boleh dilewatkan:

1. Nasi Tutug Oncom

Kuliner khas Jawa Barat yang pertama adalah nasi tutug oncom yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Hidangan ini memadukan nasi putih pulen dengan oncom, yaitu ampas tahu yang difermentasi, yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Sunda.

Oncom yang sudah dihancurkan terlebih dahulu, dicampurkan dengan nasi hingga tercampur rata, menciptakan cita rasa gurih dan unik. Biasanya, nasi tutug oncom disajikan dengan lauk pauk yang melengkapi kelezatannya.

Kamu dapat memilih teman makan seperti tempe goreng, ayam goreng, sambal terasi, dan lalapan. Kombinasi nasi tutug oncom dengan lauk pauk ini akan memberikan pengalaman kuliner yang kaya rasa dan mengenyangkan.

2. Karedok

Berikutnya, karedok merupakan salad khas Sunda yang tidak hanya kaya rasa tetapi juga menyehatkan. Hidangan ini terdiri dari berbagai macam sayuran segar dan renyah seperti kacang panjang, kol, terong, dan taoge. Uniknya, sayuran-sayuran ini disajikan dalam keadaan mentah, sehingga kandungan vitamin dan mineralnya tetap terjaga.

Bumbu yang melengkapi karedok adalah saus kacang yang gurih dan sedikit pedas. Saus ini dibuat dari kacang tanah yang digiling halus dan dibumbui dengan rempah-rempah khas Sunda. Perpaduan sayuran segar yang renyah dengan saus kacang yang gurih dan pedas menciptakan sensasi rasa yang unik dan menyegarkan.

3. Mi Kocok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *