Kesehatan

Mengawali Defisit Kalori untuk Pemula: Langkah-Langkah yang Benar dan Sehat

×

Mengawali Defisit Kalori untuk Pemula: Langkah-Langkah yang Benar dan Sehat

Sebarkan artikel ini
Mengawali Defisit Kalori untuk Pemula: Langkah-Langkah yang Benar dan Sehat
ilustrasi, mengawali program defisit kalori. Foto: pexels.com

Detak Tribe – Mengawali program defisit kalori dapat menjadi tantangan bagi mereka yang baru memulai perjalanan diet. Namun, dengan langkah-langkah yang benar dan sehat, Kamu dapat mencapai tujuan Kamu dengan lebih efektif dan aman. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Kamu ikuti untuk memulai defisit kalori sebagai pemula.

1. Perhitungan Kalori yang Tepat

Sebelum memulai, Kamu harus mengetahui berapa jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh Kamu. Kamu dapat menggunakan aplikasi atau tabel kalori untuk menentukan jumlah kalori yang dibutuhkan. Kemudian, Kamu dapat mengurangi jumlah kalori yang dibutuhkan dengan 500-1000 kalori untuk mencapai defisit kalori yang seimbang.

2. Makanan yang Tepat 

Pilih makanan yang memiliki kalori kecil tapi nutrisinya tinggi, Kamu dapat memilih makanan yang kaya akan protein, serat, dan vitamin. Contoh makanan yang tepat adalah sayuran, buah-buahan, dan protein seperti daging, ikan, dan telur.

3. Olahraga yang Tepat

Olahraga juga sangat penting dalam mencapai defisit kalori, Kamu dapat melakukan olahraga yang memerlukan energi tinggi seperti jogging, berenang, atau yoga. Olahraga ini tidak hanya membantu Kamu mengurangi berat badan tapi juga meningkatkan kesehatan Kamu secara keseluruhan.

4. Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup sangat penting dalam mencapai defisit kalori, Kamu harus minum setidaknya 8 gelas air per hari untuk menghindari dehidrasi dan mengoptimalkan proses metabolisme tubuh.

5. Patuhi Aturan Utama

Patuhi aturan utama dari program defisit kalori, Memastikan bahwa jumlah kalori yang masuk tidak lebih besar dari kalori yang dikeluarkan. Kamu harus selalu memantau konsumsi kalori Kamu dan mengurangi kalori yang tidak dibutuhkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan sehat, Kamu dapat mencapai defisit kalori dengan aman dan efektif. Jangan lupa untuk selalu memantau kemajuan Kamu dan membuat perubahan yang sesuai jika dibutuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *