Politik

PDIP Desak KPK Menjadi Lembaga Permanen

×

PDIP Desak KPK Menjadi Lembaga Permanen

Sebarkan artikel ini
PDIP Desak KPK Menjadi Lembaga Permanen
Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Dok. kpk.co.id

Detak Tribe – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendesak agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadikan lembaga permanen dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons polemik terkait revisi Undang-Undang KPK yang tengah bergulir di DPR.

“PDIP mendukung penuh agar KPK menjadi lembaga permanen dan independen dalam pemberantasan korupsi di Indonesia,” ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/6/2024), seperti dikutip dari Antara.

Hasto menilai keberadaan KPK sebagai lembaga pemberantas korupsi telah terbukti efektif dalam menegakkan hukum dan mengusut kasus-kasus besar yang melibatkan pejabat tinggi. Oleh karena itu, PDIP mendorong agar posisi KPK dikukuhkan dalam konstitusi.

“Dengan menjadi lembaga permanen, KPK tidak akan mudah diintervensi atau dilemahkan oleh kepentingan politik sesaat,” imbuh Hasto.

Sebelumnya, rencana revisi UU KPK telah memicu kontroversi dengan berbagai kalangan mengkhawatirkan hal itu dapat melemahkan lembaga antirasuah tersebut. Namun, pemerintah dan DPR menjamin bahwa revisi justru akan memperkuat KPK dengan menambah kewenangannya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news detaktribe.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *