Iklan IDK
Iklan IDK
News

Pendaki Gunung Cikuray Tersambar Petir, Satu Orang Meninggal Dunia

×

Pendaki Gunung Cikuray Tersambar Petir, Satu Orang Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini
Pendaki Gunung Cikuray Tersambar Petir, Satu Orang Meninggal Dunia
ilustrasi, pendaki gunung. Foto: pxhere.com

Detak TribeLima pendaki asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang sedang melakukan pendakian di Gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat, mengalami insiden tragis pada hari Sabtu, (24/02/2024). Saat tengah berteduh dari hujan yang turun deras, rombongan pendaki ini tersambar petir. Akibat kejadian tersebut, seorang pendaki bernama Akbar (22) meninggal dunia di lokasi kejadian dengan luka bakar di sejumlah bagian tubuhnya.

Peristiwa terjadi saat rombongan pendaki berada di Pos 3 pendakian, mencari perlindungan di bawah rimbunnya pepohonan dari guyuran hujan. Namun, keadaan berubah menjadi mencekam ketika petir menyambar tiba-tiba.

Korban terkena sambaran langsung, mengakibatkan luka bakar serius di perut sebelah kiri dan dada. Dua pendaki lainnya juga terpental akibat kejadian tersebut.

Tim penyelamat segera merespons dan mengevakuasi korban melalui pos pendakian pemancar. Namun, satu nyawa tak dapat diselamatkan. Akbar (22), seorang pendaki dari rombongan tersebut, meninggal dunia di lokasi kejadian akibat luka bakar parah yang dialaminya.

Korban telah segera dievakuasi ke RSU dr. Slamet Garut setelah ditemukan luka bakar di perut sebelah kiri dan di bagian dada akibat tersambar petir oleh tim medis. Saat ini, korban akan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan, dan keluarga menolak dilakukannya autopsi.

Kapolsek Cilawu M. Duhri memberikan peringatan kepada para pendaki untuk tidak berteduh di bawah pohon saat hujan turun, mengingat risiko tersambar petir yang dapat mengancam keselamatan mereka.

“Kami menghimbau kepada para pendaki dan seluruh masyarakat agar tidak berteduh di bawah pohon saat hujan turun karena berpotensi terkena sambaran petir.” Ujar Duhri.

Kejadian ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya keselamatan saat melakukan pendakian gunung. Semoga keluarga korban diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news detaktribe.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *