Iklan IDK
Iklan IDK
News

PM Slovakia Robert Fico Ditembak Usai Rapat Kabinet

×

PM Slovakia Robert Fico Ditembak Usai Rapat Kabinet

Sebarkan artikel ini
PM Slovakia Robert Fico Ditembak Usai Rapat Kabinet
Perdana Menteri Slovakia Robert Fico (REUTERS/Radovan Stoklasa)

Detak Tribe – Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico, menjadi korban penembakan pada Rabu waktu setempat setelah menghadiri rapat kabinet di pusat kota Handlova.

Menurut laporan AFP pada Kamis (16/5/2024), kondisi Fico telah stabil meski masih dinyatakan “sangat serius”. Fico ditembak sebanyak tujuh kali dari jarak dekat, dengan beberapa tembakan mengenai perut dan lengan.

Seorang tersangka penembakan telah ditahan. Pelaku diidentifikasi sebagai seorang penulis berusia 71 tahun yang dikenal sebagai pendiri Klub Sastra DUHA (Pelangi) dan berasal dari kota Levice, 110 km dari Bratislava. Tersangka juga merupakan anggota resmi Asosiasi Penulis Slovakia sejak 2015. Asosiasi tersebut telah mengonfirmasi keanggotaannya dan berjanji akan segera mencabutnya.

Menteri Dalam Negeri Slovakia, Matus Sutaj Estok, membenarkan penangkapan tersangka kepada wartawan. “Saya rasa saya bisa mengkonfirmasi hal ini, ya,” ujarnya.

Putra pelaku juga telah memberikan pernyataan terkait insiden tersebut. Ia mengonfirmasi bahwa ayahnya memang memiliki senjata yang terdaftar secara sah, namun ia mengaku tidak mengetahui apa yang ada di pikiran sang ayah atau apa yang direncanakannya.

Saat ditanya apakah ada kebencian pribadi terhadap Fico, putranya menyatakan bahwa ayahnya bukan pemilih Fico. “Hanya itu yang bisa saya katakan tentang hal itu,” ucapnya.

Saat ini, investigasi sedang berlangsung untuk mengungkap motif di balik penembakan yang mengejutkan ini. Pemerintah Slovakia telah meningkatkan keamanan di sekitar pejabat tinggi negara guna mencegah insiden serupa terjadi di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *