Pendidikan

Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 untuk Siswa Madrasah Segera Cair

×

Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 untuk Siswa Madrasah Segera Cair

Sebarkan artikel ini
Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 untuk Siswa Madrasah Segera Cair
Ilustrasi Siswa Madrasah. Sumber: Kemenag

Detak Tribe – Kementerian Agama (Kemenag) memastikan bahwa beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 bagi siswa madrasah jenjang pendidikan dasar dan menengah akan segera cair.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, M Ali Ramdhani, menegaskan bahwa PIP merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu agar mereka tetap dapat bersekolah. Hal ini ia sampaikan saat Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Penyaluran Anggaran PIP 2024 secara online, pada Selasa (13/2/2024).

“Pemerintah menyediakan beasiswa bagi anak-anak Indonesia melalui Kementerian Agama agar tidak ada siswa yang terhenti pendidikannya karena keterbatasan ekonomi,” ujarnya.

Kemenag telah menyiapkan anggaran besar sebesar Rp1.302.009.650.000 untuk PIP Madrasah. Anggaran ini terbagi untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Tahap pertama pencairan anggaran sebesar Rp900 miliar dilakukan pada minggu kedua Februari 2024.

M Sidik Sisidiyanto, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, menjelaskan bahwa tahun ini terjadi peningkatan nominal PIP Madrasah, terutama untuk jenjang Madrasah Aliyah, yang sebelumnya hanya Rp1 juta per siswa kini menjadi Rp1,8 juta per siswa.

Kemenag akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain terkait penambahan anggaran untuk memastikan bahwa seluruh peserta didik madrasah yang memenuhi persyaratan dapat diakomodasi.

Untuk proses penyaluran PIP, Kantor Wilayah Kemenag provinsi, kabupaten/kota, dan satuan pendidikan madrasah, diminta berkoordinasi dengan pihak bank penyalur. Hal ini bertujuan untuk memberikan asistensi dan akses yang mudah dan efisien kepada seluruh peserta didik terkait dengan pencairan anggaran PIP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *