Politik

Guncangan Politik Mengiringi Pembukaan Masa Sidang Baru DPRD Jateng

×

Guncangan Politik Mengiringi Pembukaan Masa Sidang Baru DPRD Jateng

Sebarkan artikel ini
Guncangan Politik Mengiringi Pembukaan Masa Sidang Baru DPRD Jateng
Ilustrasi, Bendera PDI Perjuangan (PDIP). Foto: Antara.com

Detak Tribe – Pembukaan masa sidang baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah diwarnai dengan guncangan politik. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengambil langkah mengejutkan dengan mengganti sejumlah anggota calegnya di lembaga legislatif provinsi tersebut.

“Ada beberapa anggota DPRD Jateng dari PDIP yang diganti,” ungkap Bambang Sadono, Ketua DPC PDIP Jawa Tengah, seperti dikutip Kompas.com (8/6).

Meski tidak menyebutkan jumlah pasti dan nama-nama yang diganti, langkah ini ditengarai sebagai upaya konsolidasi internal menjelang Pemilu 2024. PDIP, sebagai partai pemenang dengan 35 kursi di DPRD Jateng, tampaknya ingin memaksimalkan kinerja para wakilnya.

“Penggantian ini murni untuk perbaikan kinerja dan regenerasi,” imbuh Bambang.

Keputusan tersebut memicu reaksi beragam dari kalangan pengamat politik. Sebagian menyorotnya sebagai langkah terencana untuk memperkuat barisan menjelang Pemilu 2024, sementara yang lain mengkritiknya sebagai tindakan tidak demokratis.

Akankah pergantian ini membawa angin segar bagi kinerja PDIP di lembaga legislatif provinsi? Atau malah memicu gejolak politik yang dapat membayangi jalannya pemerintahan? Waktu yang akan menjawabnya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news detaktribe.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *