Iklan IDK
Iklan IDK
Gaya HidupLifestyle

HPI 2024: Dorong Kesetaraan Gender untuk Masa Depan Bangsa yang Lebih Baik

×

HPI 2024: Dorong Kesetaraan Gender untuk Masa Depan Bangsa yang Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
HPI 2024: Dorong Kesetaraan Gender untuk Masa Depan Bangsa yang Lebih Baik
ilustrasi, HPI 2024: Dorong Kesetaraan Gender untuk Masa Depan Bangsa yang Lebih Baik. Foto: pexels.com

Detak Tribe – Hari Perempuan Internasional (HPI) diperingati setiap tanggal 8 Maret untuk merayakan pencapaian perempuan di berbagai bidang dan untuk terus memperjuangkan kesetaraan gender di seluruh dunia. Tahun ini, HPI 2024 mengusung tema “DigitALL: Kesetaraan Inovasi untuk Masa Depan yang Inklusif”.

Di Indonesia, perempuan telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari ekonomi, politik, hingga sosial budaya. Dalam bidang ekonomi, perempuan telah berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, baik sebagai pengusaha, pekerja, maupun ibu rumah tangga.

Di bidang politik, meskipun masih terdapat kesenjangan representasi, perempuan Indonesia terus menunjukkan kiprahnya dalam kepemimpinan dan pengambilan keputusan. Semakin banyak perempuan yang menduduki jabatan politik, baik di tingkat nasional maupun daerah.

Dalam bidang sosial budaya, perempuan Indonesia berperan penting dalam menjaga nilai-nilai budaya dan tradisi bangsa. Perempuan juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup.

Pada HPI 2024 ini, penting untuk terus mendorong kemajuan perempuan di berbagai bidang. Perlu ada upaya untuk meningkatkan akses perempuan terhadap pendidikan, pelatihan, dan peluang kerja. Diperlukan juga upaya untuk menghapus diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan, serta untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan. Hal ini tertuang dalam berbagai kebijakan dan program, seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan Strategi Nasional Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Stranas PPPA) 2020-2024.

Masyarakat juga perlu berperan aktif dalam mendukung kemajuan perempuan. Kita semua harus bahu membahu untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perempuan untuk dapat berkarya dan mencapai potensi penuh mereka.

Hanya dengan kerjasama dan komitmen dari semua pihak, kita dapat mencapai kesetaraan gender dan membangun masa depan yang lebih baik bagi perempuan dan bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *