Iklan IDK
Iklan IDK
Kesehatan

Konsumsi Makanan Ini untuk Menurunkan Gula Darah!

×

Konsumsi Makanan Ini untuk Menurunkan Gula Darah!

Sebarkan artikel ini
Konsumsi Makanan Ini untuk Menurunkan Gula Darah!
ilustrasi, menjaga kadar gula darah. Foto: pixels.com

Detak Tribe – Menjaga kadar gula darah dalam tubuh sangatlah penting, terutama bagi penyandang diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan yang serius.

Selain obat-obatan, mengkonsumsi makanan yang tepat juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh:

1. Sayuran Hijau

Kacang-kacangan seperti almond, kacang merah, dan lentil juga merupakan sumber serat dan protein yang baik. Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit dan mengontrol kadar gula darah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang merah, dan lentil mengandung protein dan serat yang tinggi. Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda makan lebih sedikit dan mengontrol kadar gula darah. Serat juga membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

3. Buah-buahan Tertentu

Buah-buahan seperti apel, jeruk, dan beri kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan. Buah-buahan ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu tubuh Anda menggunakan gula darah dengan lebih efektif.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu Anda makan lebih sedikit dan mengontrol kadar gula darah. Telur juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

6. Oatmeal

Oatmeal terbuat dari gandum utuh yang kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut membantu memperlambat penyerapan gula darah ke dalam aliran darah, sedangkan serat tidak larut membantu menjaga kesehatan pencernaan.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah dan merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik. Ubi jalar juga mengandung karotenoid yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

8. Yogurt

Yogurt yang mengandung probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.

Tips tambahan:

  • Hindari makanan olahan dan minuman manis.
  • Pilihlah karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana.
  • Makan secara teratur dan hindari melewatkan waktu makan.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menjaga berat badan ideal.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang aktif, Anda dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *