Iklan IDK
Iklan IDK
Kesehatan

Mandi Malam: Benarkah Berbahaya?

×

Mandi Malam: Benarkah Berbahaya?

Sebarkan artikel ini
Mandi Malam: Benarkah Berbahaya?
ilustrasi, Mandi malam sering dikaitkan dengan berbagai bahaya kesehatan. Foto: pixabay.com

Detak Tribe – Mandi malam sering dikaitkan dengan berbagai bahaya kesehatan, seperti rematik, asam urat, hingga paru-paru basah. Namun, benarkah demikian?

Menurut dr. Devia Irene Putri, Sp.KO selaku dokter rehabilitasi medik olahraga dikutip dari Kompas.com, mandi malam sendiri sebenarnya tidak masalah. Masalahnya justru terletak pada perbedaan suhu air dan reaksi tubuh terhadap air tersebut di malam hari.

Reaksi ini bisa berbeda-beda pada tiap orang, tergantung kondisi kesehatan dan sistem imun masing-masing. Misalnya, mandi dengan air dingin di malam hari bisa memperburuk gejala rematik dan asma dan rematik. Sebaliknya, mandi dengan air hangat cenderung suam-suam kuku justru aman dan menyegarkan.

Berikut beberapa tips aman mandi malam:

  • Gunakan air hangat cenderung suam-suam kuku.
  • Pastikan tubuh kering sempurna sebelum tidur.
  • Konsultasikan dengan dokter jika memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti rematik atau asma.

Mandi malam boleh dilakukan asalkan dengan peraturan yang tepat. Hindari air dingin dan pastikan tubuh kering sempurna sebelum tidur. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Mandi malam yang aman dan tepat dapat membuat Anda tetap bersih dan nyaman saat terlelap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *