Pendidikan

Pendaftaran SNBP Universitas Padjadjaran Telah Dibuka

×

Pendaftaran SNBP Universitas Padjadjaran Telah Dibuka

Sebarkan artikel ini
Pendaftaran SNBP Universitas Padjadjaran Telah Dibuka
Pendaftaran SNBP Universitas Padjadjaran Telah Dibuka. Sumber: UNPAD

Detak Tribe – Portal SNPMB resmi membuka pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Universitas Padjadjaran (Unpad) bersiap menerima 2.346 calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP untuk program Sarjana reguler dan Sarjana Terapan.

Menanggapi hal ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Arief S. Kartasasmita, mengungkapkan akan ada peningkatan kuota penerimaan mahasiswa sebesar 12,52 persen.

Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi calon mahasiswa dengan kriteria program keberpihakan Unpad, termasuk difabel atau dari golongan masyarakat yang belum memiliki anggota keluarga yang pernah kuliah.

“Kami memang tambah karena kami akan memberikan perhatian-perhatian khusus pada kalangan calon mahasiswa yang selama ini kurang mendapat perhatian di Unpad. Sebagai contoh difabel atau dari golongan masyarakat yang belum memiliki anggota keluarga yang pernah kuliah,” jelas Prof. Arief beberapa waktu lalu, dilansir dari unpad.ac.id.

Total daya tampung Unpad pada SNPMB 2024 mencapai 7.460, dengan persentase penerimaan pada SNBP sebesar 32,64 persen. Sementara itu, SNBT dan Jalur Mandiri masing-masing memiliki persentase 32,52 dan 34,82 persen. Prof. Arief menekankan bahwa Unpad memberikan kesempatan yang seimbang untuk semua jalur penerimaan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, sistem SNPMB tahun ini telah terintegrasi dengan sistem registrasi penerimaan mahasiswa baru Unpad. Calon mahasiswa yang diterima melalui SNBP tidak bisa mendaftar pada SNBT atau Jalur Mandiri Unpad. Hal ini bertujuan untuk membatasi mereka yang tidak mengambil kuota di SNBP walaupun sudah dinyatakan diterima.

Peserta SNBP diingatkan untuk memilih program studi dengan baik sesuai minatnya, dengan total 72 program studi yang dibuka tahun ini. Pendaftaran SNBP akan ditutup pada 28 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *