KesehatanLifestyle

Waspada! Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Mulut Tidak Sedap

×

Waspada! Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Mulut Tidak Sedap

Sebarkan artikel ini
Waspada! Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Mulut Tidak Sedap
ilustrasi, Makanan yang Dapat Menyebabkan Bau Mulut Tidak Sedap. Foto: pexels.com

Detak Tribe – Bau mulut atau halitosis merupakan masalah yang cukup umum dan dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Seringkali, penyebab utama bau mulut berasal dari makanan tertentu yang kita konsumsi. Beberapa makanan berikut dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

  1. Bawang Putih dan Bawang Merah, meskipun bawang putih dan bawang merah memiliki banyak manfaat kesehatan, kandungan senyawa organik sulfur di dalamnya dapat menyebabkan bau mulut setelah dikonsumsi. Senyawa ini diserap ke dalam aliran darah dan kemudian dikeluarkan melalui paru-paru saat bernapas.
  2. Makanan Pedas, makanan pedas seperti cabai, merica, dan bumbu pedas lainnya dapat menyebabkan bau mulut. Makanan pedas dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang pada gilirannya dapat menyebabkan bau tidak sedap.
  3. Makanan Fermentasi Makanan fermentasi seperti keju, sosis, dan makanan awetan lainnya mengandung bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Selama proses fermentasi, bakteri menghasilkan senyawa seperti asam laktat dan asam asetat yang berkontribusi pada bau mulut.
  4. Makanan Tinggi Protein Daging, ikan, dan telur merupakan makanan tinggi protein yang dapat menyebabkan bau mulut jika tidak diproses dengan baik oleh tubuh. Ketika protein terurai, ia menghasilkan senyawa seperti ammonia, yang dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Untuk menghindari bau mulut, disarankan untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, dan berkumur dengan obat kumur. Selain itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta minum banyak air putih.

Demikianlah berita tentang makanan yang dapat menyebabkan bau mulut dengan menggunakan antara dan satu sumber berita lain. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news detaktribe.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *