Iklan IDK
Iklan IDK
BudayaKuliner

Glodok, Jejak Pecinan Jakarta yang Kaya Akan Kuliner Legendaris

×

Glodok, Jejak Pecinan Jakarta yang Kaya Akan Kuliner Legendaris

Sebarkan artikel ini
Glodok, Jejak Pecinan Jakarta yang Kaya Akan Kuliner Legendaris
Gapura Pecinan Glodok. Sumber: Antara

Detak Tribe – Glodok, kawasan pecinan yang kaya akan sejarah panjangnya, telah menjadi pusat kuliner legendaris di Jakarta Barat. Dikenal sebagai Chinatown terbesar di Indonesia, Glodok menyimpan banyak spot kuliner yang menggoda lidah dan menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penamaan “Glodok” berasal dari bahasa Sunda, yaitu “golodok” yang berarti pintu masuk ke sebuah rumah. Jakarta, dahulu merupakan pintu gerbang Kerajaan Sunda Kuno, dan etnis Tionghoa masuk melalui pintu tersebut untuk menetap di kawasan yang kini bernama Glodok.

Sejak saat itu, Glodok menjadi tempat bermukim bagi masyarakat Tionghoa dan dikenal sebagai pusat ekonomi Jakarta. Selain itu, Glodok bukan hanya kawasan pecinan yang kaya akan sejarah, tetapi juga sebuah kawasan heritage yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Glodok juga menawarkan pengalaman wisata kuliner yang tak terlupakan. Namun, bagi wisatawan Muslim, perlu berhati-hati karena banyak makanan yang menggunakan campuran babi.

Salah satu tempat yang patut dikunjungi untuk menikmati kuliner di Glodok adalah Gang Gloria. Gang kecil ini merupakan pusat jajanan di kawasan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Berbagai macam makanan khas Tiongkok tersedia mulai dari bakut, mie ayam, capcay, hingga hidangan Chinese food lainnya.

Petak Enam, yang terletak di Gedung Chandra Glodok, menjadi spot populer lainnya di Glodok. Dengan gaya bangunan yang khas China, Petak Enam menawarkan pengalaman kuliner yang unik. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan lezat sambil menikmati pertunjukan tradisional seperti tanjidor, ondel-ondel, silat beksi, dan barongsai.

Tak lengkap rasanya mengunjungi Glodok tanpa mampir ke Pasar Glodok. Pasar ini selalu ramai menjelang Tahun Baru Imlek dan menawarkan berbagai kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Di sini, pengunjung dapat menemukan beragam makanan dan minuman, termasuk Chinese food dan berbagai hidangan khas Indonesia seperti gudeg, bakso, soto mie, mie ayam, dan olahan babi.

Glodok tidak hanya menawarkan pengalaman wisata sejarah yang kaya, tetapi juga memanjakan lidah dengan ragam kuliner legendarisnya. Bagi para pecinta kuliner dan penggemar budaya Tionghoa, Glodok adalah destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *