Iklan IDK
Iklan IDK
Olahraga

Uji Coba VAR Tahap Ketiga Digelar, Siap Digunakan di BRI Liga 1?

×

Uji Coba VAR Tahap Ketiga Digelar, Siap Digunakan di BRI Liga 1?

Sebarkan artikel ini
Uji Coba VAR Tahap Ketiga Digelar, Siap Digunakan di BRI Liga 1?
Hakim garis yang menggunakan alat komunikasi yang terhubung dengan ruang Video Assistent Referee (VAR) dalam pertandingan uji coba. Foto: ANTARA

Detak Tribe – PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI menggelar uji coba penerapan Video Assistant Referee (VAR) tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor pada hari Sabtu (17/2), sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Delapan kamera dipasang di berbagai titik lapangan untuk mendukung uji coba ini, yang melibatkan klub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal. Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, menyatakan bahwa peralatan yang digunakan dalam uji coba ini sama dengan yang digunakan dalam Piala Dunia U-17 sebelumnya.

“Alat peraga yang digunakan hari ini, mulai dari simulator dan semua peralatan lainnya, persis seperti yang digunakan di Piala Dunia U-17 2023,” jelas Ferry Paulus, Direktur Utama PT LIB.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha optimistis VAR dapat diaplikasikan di BRI Liga 1 2023/2024 seri championship pada 4-26 Mei mendatang.

“Penerapan VAR masih harus melalui beberapa tahap, termasuk persetujuan dan penilaian terakhir dari FIFA untuk wasit dan asisten wasit VAR,” ujar Ratu Tisha.

“Rencananya, FIFA akan hadir di Indonesia antara tanggal 1 dan 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan wasit di batch 1,” tambahnya.

Uji coba ini memfokuskan pada simulasi operator tayang ulang yang membantu wasit dalam mengambil keputusan penting, seperti menentukan apakah gol sah atau tidak, memeriksa keberadaan penalti, menilai apakah suatu pelanggaran layak diberi kartu kuning atau merah, serta mengidentifikasi kesalahan yang mungkin dilakukan oleh wasit utama atau hakim garis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *