Iklan IDK
Iklan IDK
InspirasiUMKM

Kisah Inspiratif UMKM Azella Collections

×

Kisah Inspiratif UMKM Azella Collections

Sebarkan artikel ini
Kisah Inspiratif UMKM Azella Collections
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto memberikan penghargaan kategori Super Livestreamer UMKM kepada Pemilik Azella Collections Triana Saptiaji di Shopee. (Dok. Istimewa)

Detak Tribe – Di tengah pesatnya perkembangan ekonomi digital di Indonesia, peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) semakin terlihat signifikan dalam merajut ekosistem e-commerce Tanah Air.

Salah satu bukti nyata adalah gelaran Shopee Super Awards 2023 yang mengapresiasi kontribusi para pelaku bisnis digital, termasuk UMKM, dalam mendukung kemajuan ekonomi digital Indonesia.

Salah satu kisah inspiratif yang muncul dalam acara tersebut berasal dari UMKM Azella Collections, yang berhasil meraih penghargaan sebagai Super Livestreamer UMKM. Pemiliknya, Triana Saptiaji, mampu mengubah peruntungan bisnisnya melalui platform Shopee dengan memanfaatkan fitur live streaming.

Dengan tekad dan ketekunan, Triana Saptiaji, pria berusia 43 tahun asal Tasikmalaya, Jawa Barat, telah membuktikan bahwa UMKM kecil juga memiliki potensi besar dalam merajai era digital. Awalnya, Triana memiliki bisnis konveksi, namun merasa bahwa perputaran modalnya terlalu lambat.

“Saya sudah pakai Shopee dari tahun 2015, tapi waktu itu cuma untuk belanja aja, dan waktu itu saya masih punya bisnis online konveksi. Istri saya bilang, zaman semakin canggih, semakin modern, jadi serba digital, jadi harus bisa melangkah ke depan,” ujarnya.

Dengan dorongan dari keinginan untuk terus berkembang, Triana memutuskan untuk membuka toko di Shopee. Keputusan ini menjadi langkah penting dalam perjalanan bisnisnya, terutama ketika pandemi COVID-19 melanda.

Triana kemudian mengandalkan fitur live streaming di Shopee untuk mengembangkan bisnis mukenanya. Hasilnya sungguh mengesankan. Azella Collections berhasil menjual hingga 1.500 produk dalam satu sesi live streaming saat kampanye tanggal kembar berlangsung.

“Namanya era digital, kita sebagai pelaku UMKM mau nggak mau harus belajar biar bisa berkembang. Akhirnya saya pelajari itu fitur-fitur di Shopee termasuk live streaming. Sehari bisa live sampai 7 sesi. Alhamdulillah bisa tembus ratusan juta dalam sehari waktu 12.12,” ujarnya.

Kesuksesan bisnisnya tidak hanya dirasakan oleh Triana sendiri, tetapi juga mampu memberikan dampak positif pada masyarakat sekitarnya. Triana berhasil mewujudkan cita-citanya dengan membuka lapangan pekerjaan bagi 100 orang pegawai di daerahnya.

Meski telah meraih kesuksesan, Triana tidak berpuas diri. Ia masih berkomitmen untuk terus memberikan dampak positif pada daerahnya dengan mengurangi tingkat pengangguran di Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dengan semangat pantang menyerah dan tekad untuk terus berkembang, Triana Saptiaji dan Azella Collections menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga meraih kesuksesan dalam era digital yang terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *