Kuliner

Menjelajahi Surga Kuliner Lamongan: Dari Soto Legendaris Hingga Camilan Manis

×

Menjelajahi Surga Kuliner Lamongan: Dari Soto Legendaris Hingga Camilan Manis

Sebarkan artikel ini
Menjelajahi Surga Kuliner Lamongan: Dari Soto Legendaris Hingga Camilan Manis
Soto Legendaris Khas Lamongan. Foto: istockphoto.com

Detak Tribe – Lamongan, sebuah kota di pesisir utara Jawa Timur, tak hanya terkenal dengan wisata baharinya yang memukau, tetapi juga kekayaan kulinernya yang menggoda selera. Beragam hidangan khas Lamongan siap memanjakan lidah para pecinta kuliner dengan cita rasa yang unik dan otentik. Berikut ini beberapa hidangan khas Lamongan yang wajib dicoba:

1. Soto Lamongan

Siapa yang tak kenal Soto Lamongan? Hidangan berkuah bening kekuningan ini merupakan ikon kuliner Lamongan yang sudah melegenda. Kuah kaldu ayamnya yang gurih berpadu sempurna dengan suwiran ayam, irisan kol, tauge, dan taburan koya yang khas. Tak lupa, semangkuk soto Lamongan selalu dilengkapi dengan sambal pedas dan jeruk nipis untuk menambah cita rasa.

2. Nasi Boranan

Bagi pecinta kuliner yang mencari hidangan sederhana namun kaya rasa, Nasi Boranan adalah pilihan yang tepat. Nasi putih hangat disiram dengan bumbu pedas gurih yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Lauk pendampingnya pun beragam, mulai dari ayam goreng, telur dadar, hingga tempe orek.

3. Pecel Lele Lamongan

Lamongan juga terkenal dengan hidangan pecel lelenya yang tak kalah lezat. Ikan lele yang digoreng renyah disiram dengan bumbu pecel pedas gurih yang terbuat dari kacang tanah, cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Tak lupa, lalapan segar seperti daun kemangi, mentimun, dan kol menjadi pelengkap hidangan ini.

4. Asem Bandeng

Bagi pecinta hidangan pedas dan asam, Asem Bandeng wajib dicoba. Ikan bandeng dimasak dengan bumbu asam pedas yang terbuat dari cabai, asam jawa, tomat, dan rempah-rempah. Rasanya yang unik dan segar membuat Asem Bandeng menjadi hidangan favorit banyak orang.

5. Wingko Babat

Menutup petualangan kuliner di Lamongan, jangan lupa untuk mencicipi Wingko Babat. Camilan manis ini terbuat dari tepung beras ketan, kelapa parut, dan gula merah. Teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang legit membuat Wingko Babat menjadi oleh-oleh khas Lamongan yang digemari banyak orang.

Lamongan masih menyimpan banyak lagi harta karun kuliner yang menanti untuk dijelajahi. Kunjungi Lamongan dan rasakan sendiri kekayaan rasa yang ditawarkan oleh kota ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *